Sabtu, 27 Juli 2019

Jawaban untuk BAB 7 
1. Perencanaan secara umum 
    A.  Perencanaan dan kreativitas 
         Ada dua hal yang berhubungan dan juga tampak berlawanan dalam pengembangan               media. Yang pertama menghendaki prosedur perencanaan yang terstruktur dan                       berkelanjutan yang membutuhkan pengorganisasian, memperhatikan urutan yang                   logis, dan integritas terhadap keutuhan pesan. 
         Yang kedua menghendaki alur ide dan ekspresi yang bebas dan tidak terstruktur yang             dihasilkan oleh berfikir kreatif dan mengacu pada masalah yang timbul selama                         pengembangan media berlangsung. Jika kita menghendaki hasil produksi yang efektif           sekaligus menarik, maka kedua pola pengembangan tersebut kita butuhkan. 
    B. Mulai dengan ide 
         Kita dapat mulai membuat perencanaan dengan ide yang muncul dalam benalu kita.               Suatu ide mungkin mengindikasikan minat yang kita miliki, tetapi ide yang lebih                       berguna adalah ide yang berhubungan dengan kebutuhan suatu kelompok siswa,                     misalnya suatu kelompok lebih membutuhkan keterampilan dari hanya sekedar                       pengetahuan dan perubahan sikap. 
    C. Memotivasi, memberi informasi dan mengajarkan sesuatu 
         Kita perlu menentukan apakah media yang kita buat bertujuan memotivasi, memberi               informasi atau mengajarkan sesuatu. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan               untuk mengembangkan media dengan penekanan pada masing-masing aspek: 
         - untuk memotivasi 
         - untuk memberikan informasi 
         - untuk mengajarkan sesuatu 
    D. Mengembangkan tujuan 
        Untuk merencanakan media pembelajaran yang efektif dan pengalaman belajar                        lainnya, haruslah diketahui secara khusus apa yang akan dipelajari. Kegunaan dari                  memformulasikan tujuan adalah menyediakan petunjuk yang jelas apa yang harus                  dimuat dan kemana arah dari suatu presentasi. 

 Perencanaan secara teknis 
Sebelum dapat menggunakan media audio visual dengan baik dan tepat guna, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan diantaranya:  
A. Mempersiapkan ruangan yang tertutup sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu mengganggu pemutaran media 
B. Mempersiapkan software dan hardware yang akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran 
C. Pastika  software (VCD atau DVD)  yang digunakan dalam menjelaskan materi, sesuai dan cocok untuk disimak oleh siswa
D. Guru mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan video dan film yang ditampilkan 
E. Sebelum memulai pastikan juga posisi duduk siswa dalam menyimak atau menonton film dan video haruslah nyaman agar siswa tidak ribut dan menyimak dengan baik. 

Menurut pendapat saya dari dua perencanaan tadi sama sama sangat penting jika menggunakan sebuah media untuk anak. Karena kedua perencanaan tersebut saling berhubungan satu sama lainnya dan juga saling membutuhkan. Jika hanya menggunakan satu perencanaan saja maka media yang akan ditampilkan tidak dapat berjalan dengan lancar. 

2. Sangat mempengaruhi, karena jika menghendaki suatu hal produksi yang efektif sekaligus menarik, maka kedua hal tersebut sangat kita butuhkan agar sebuah media yang ditampilkan berjalan sesuai rencana. 

3. Perbedaannya adalah  :
    A. Kognitif, berhubungan dengan  pengetahuan dan informasi
    B. Afektif, berhubungan dengan sikap, apresiasi, dan juga nilai 
    C. Psikomotor berhubungan dengan keterampilan. Karena selain mengarahkan belajar                dan materi pelajaran yang harus diberikan, perumusan tujuan berguna pula sebagai                acuan membuat tes agar apa yang telah dirumuskan dapat diukur dengan tepat. 

4. Tidak setuju, karena dalam membuat sebuah media harus menggunakan  suatu ide yang menarik agar media tersebut sangat baru dan juga menarik bagi anak sehingga saat pembelajaran anak tidak merasa bosan, bahkan jika setiap hari menggunakan media yang baru akan menarik perhatian bagi anak dan anak pun menjadi semangat untuk belajar. 

5. Manfaatnya dalam membuat sebuah media yang akan diproduksi berhubungan dengan pembelajaran tersebut, mempermudah guru atau dosen dalam memperoleh bahan-bahan yang akan digunakan dalam membuat sebuah media. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar