Sabtu, 27 Juli 2019

Jawaban dari mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD yang diajarkan oleh bapak Zul Afdal dimulai dari bab 5 sampai bab 7.

Bab 5 
1. ASSURE adalah singkatan dari Amalyze learner characteristics, state objective, or modify      media,  Utilize, Require learner response anda Evaluate. Model ini menyarankan enak              kegiatan utama dalam perencanaan pembelajaran sebagai berikut: 
    A.  Analyze learner characteristics (A) 
          Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran, apakah mereka peserta didik                  sekolah lanjutan atau berpendidikan tinggi, anggota organisasi pemuda, perusahaan,              usia,  jenis kelamin, latar belakang budaya dan sosial ekonomi, serta menganalisis                  karakteristik khusus mereka yang meliputi antara lain pengetahuan, keterampilan, dan            sikap awal mereka.
    B.  State objective (S) 
          Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu perilaku atau kemampuan              baru apa (pengetahuan, keterampilan, atau sikap) yang diharapkan peserta didik                      memiliki dan kuasai setelah proses belajar mengajar selesai. Tujuan ini akan                             mempengaruhi pemilihan media dan urut-urutan penyajian dan kegiatan belajar. 
    C.  Select (S)
          Memilih,  memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan materi dan media                    yang tepat. Apabila materi dan media pembelajaran yang telah tersedia akan dapat                 mencapai tujuan, materi dan media itu sebaiknya digunakan untuk menghemat                         waktu, tenaga dan biaya. 
     D.  Utilize (U) 
           Menggunakan materi dan media. Setelah memilih materi dan media yang tepat,                       diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu diperlukan untuk                             menggunakannya. 
     E.  Require learner response (R)  
          Meminta tanggapan dari peserta didik. Pendidik sebaiknya mendorong peserta didik              untuk memberikan respon dan umpan balik mengenai keefektifan proses belajar                       mengajar. 
     F.  Evaluate (E)  
          Mengevaluasi proses belajar.  Tujuan utama evaluasi disini adalah untuk mengetahui              tingkat pencapaian peserta didik mengenai tujuan pembelajaran,  keefektifan media,               pendekatan, dan pendidik sendiri. 

2. Dalam memilih sebuah media kita harus mempertimbangkan sebuah kelenturan yang            artinya dapat dipergunakan dalam berbagai situasi, bahan tahan lama atau sekali dipakai      barang tersebut langsung dibuang, dapat menghemat biaya, dan media tersebut aman          digunakan saat dipakai. 
    Hubungannya dengan model perencanaan penggunaan media yang efektif adalah                  sebuah  media harus mampu membangkitkan minat bagi peserta didik, memiliki                      ketepatan informasi, memiliki kualitas yang baik, memiliki kesempatan bagi perserta              didik untuk ikut berpartisipasi, telah terbukti efektif jika di uji coba dan menyiapkan                  petunjuk untuk berdiskusi. Dan juga harus memilih materi dan media yang tepat,                      diperlukan juga bagaimana dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk                              menggunakannya. 

3. Karakter media pembelajaran yang tepat, yaitu:  
    A.  Media yang dipilih atau diperlukan dapat tersedia dan juga dapat dimanfaatkan oleh               peserta didik
    B.  Media yang dipilih atau digunakan pembiayaannya dapat dijangkau
    C.  Media yang digunakan apakah teknologinya tersedia dan juga mudah digunakan. 
    D.  Media yang akan dipilih dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaksi,                     sehingga peserta didik akan terlihat juga secara aktif baik secara fisik, intelektual, dan            juga mental
    E.  Dalam memilih sebuah media pembelajaran secara organisasi harus mendapat                       dukungan dari pimpinan sekolah
    F.  Media yang dipilih harus dapat memiliki nilai baru sehingga memiliki daya tarik bagi               peserta didik yang belajar. 

4. Sangat setuju karena dalam pemilihan sebuah media tidak dapat dilakukan secara                  sembarangan melainkan didasarkan atas kriteria tertentu. Karena jika kita salah dalam          memilih sebuah media maupun pemilihan topik yang di mediakan akan membawa akibat      panjang yang tidak kita inginkan dikemudian hari.  Tentu saja kita harus memiliki rencana      terlebih dahulu sebelum memilih sebuah media pembelajaran dan lain sebagainya. 

5. Syarat-syarat dalam proses pemilihan media yang baik, yaitu:  
    A. Visible yaitu mudah dilihat, maksudnya media yang digunakan harus dapat                               memberikan keterbacaan bagi orang lain yang membacanya 
    B. Interesting atau menarik, yaitu media yang digunakan harus memiliki nilai ke                             menarikan. Sehingga orang yang melihatnya akan terdorong untuk memperhatikan                 pesan yang disampaikan melalui media tersebut. 
    C. Simple atau sederhana, media yang digunakan juga harus memiliki nilai kepraktisan               dan kesederhanaan 
    D. Useful atau bermanfaat, media yang digunakan dapat bermanfaat dalam pencapaian             tujuan pembelajaran yang diharapkan 
    E. Accuracy atau benar, media yang dipilih harus benar-benar sesuai dengan karakteristik          materi atau tujuan pembelajaran
    F. Legitimate atau sah, artinya media pembelajaran dirancang dan digunakan untuk                    kepentingan pembelajaran oleh orang atau lembaga yang berwenang
    G. Structure atau terstruktur artinya media pembelajaran baik dalam pembuatan atau                  penggunaannya merupakan  bagian yang tidak terpisahkan dari materi yang akan                   disampaikan melalui media tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar